Social Icons

twitterfacebook

Jumat, 30 Desember 2016

5 Budaya Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Tradisi Potong Jari - Papua
potong jari
potong jariImage: vevnews.blogspot.co.id

Tradisi yang terbilang ekstrim ini memang sudah banyak ditinggalkan oleh suku Dani. Potong jari adalah tradisi untuk menunjukan kesedihan karena ditinggal oleh anggota keluarga. Bagi suku Dani jari mempunyai arti yang lebih dalam, disimbolkan sebagai bentuk kerukunan, kebersatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun sebuah keluarga.

Kebo - Keboan - Banyuwangi
kebo keboan
kebo keboanImage: www.banyuwangibagus.com

Ritual yang diadakan setahun sekali ini selalu diadakan setiap tanggal 10 Suro atau 10 Muharam di desa Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi. Upacara ini mengharuskan beberapa laki - laki berdandan menjadi kerbau dan berkorban untuk membajak sawah. Setelah membajak sawah kebo - keboan ini diarak mengelilingi desa disertai karnaval kesenian rakyat. Ritual kebo - keboan ini bertujuan untuk meminta hujan ketika musim kemarau.

Tabuik - Sumatera Barat
tabuik
tabuikImage: fadhilanhar.blogspot.com

Tabuik adalah bahasa Arab yang memiliki arti kata tabut atau mengarak. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat di Pantai Barat, Sumatera Barat yang diselenggarakan secara turun menurun. Upacara tabuik ini digelar setiap hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Upacara tradisi ini menjadi simbol dan bentuk ekspresi rasa duka yang mendalam dan rasa hormat umat Islam di Pariaman terhdapat cucu Nabi Muhammad SAW.

Bakar Tongkang - Riau
bakar tongkang
bakar tongkangImage: Tamasya.id

Etnis Tionghoa yang menetap di Bagansiapiapi, Riau selalu mengadakan ritual bakar tongkak yang dilaksanakan setiap bulan Juli. Menurut kepercayaan ritual ini sudah dilakukan oleh leluhur mereka dengan tujuan bertekad untuk tidak kembali ke tempat asal. Makna lainnya adalah upacara peringatan dewa laut Ki Ong Ya dan Tai Su Ong yang digambarkan sebagai dewa dua sisi.

Tradisi Adu Betis - Sulawesi Selatan

adu betis
Image: forum.viva.co.id

Di Indonesia yang sebagian besar masyrakatnya adalah petani mempunyai banyak tradisi untuk mensyukuri musim panen. Salah satunya di Dusun Paroto, Desa Sanaeko, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan yang melakukan tradisi adu betis. Unik bukan? Tradisi ini dilakukan lewat permainan Malanca. Intinya para pemuda harus mengeluarkan kekuatannya agar bisa mengikuti tradisi adu betis ini.


source : https://www.shopback.co.id/blog/post/12-tradisi-unik-yang-hanya-bisa-ditemukan-di-indonesia

#amf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar